Jumat, 01 Maret 2013

CaraCepatBelajarCapoeira

Capoeira adalah sebuah sistem bela diri tradisional yang didirikan di Brasil oleh budak-budak Afrika yang dibawa oleh orang-orang Portugis ke Brasil untuk bekerja di perkebunan-perkebunan besar. Pada zaman dahulu mereka melalukan latihan dengan diiringi oleh alat-alat musik tradisional, seperti berimbau (sebuah lengkungan kayu dengan tali senar yang dipukul dengan sebuah kayu kecil untuk menggetarkannya) dan atabaque (gendang besar), dan ini juga lebih mudah bagi mereka untuk menyembunyikan latihan mereka dalam berbagai macam aktivitas seperti kesenangan dalam pesta yang dilakukan oleh para budak di tempat tinggal mereka yang bernama senzala. Ketika seorang budak melarikan diri ia akan dikejar oleh "pemburu" profesional bersenjata yang bernama capitães-do-mato (kapten hutan). Biasanya capoeira adalah satu-satunya bela diri yang dipakai oleh budak tersebut untuk mempertahankan diri. Pertarungan mereka biasanya terjadi di tempat lapang dalam hutan yang dalam bahasa tupi-guarani (salah satu bahasa pribumi di Brasil) disebut caá-puêra – beberapa ahli sejarah berpendapat bahwa inilah asal dari nama seni bela diri tersebut. Mereka yang sempat melarikan diri berkumpul di desa-desa yang dipagari yang bernama quilombo, di tempat yang susah dicapai. Quilombo yang paling penting adalah Palmares yang mana penduduknya pernah sampai berjumlah sepuluh ribu dan bertahan hingga kurang lebih selama enam puluh tahun melawan kekuasaan yang mau menginvasi mereka. Ketua mereka yang paling terkenal bernama Zumbi. Ketika hukum untuk menghilangkan perbudakan muncul dan Brasil mulai mengimport pekerja buruh kulit putih dari negara-negara seperti Portugal, Spanyol dan Italia untuk bekerja di pertanian, banyak orang negro terpaksa berpindah tempat tinggal ke kota-kota, dan karena banyak dari mereka yang tidak mempunyai pekerjaan mulai menjadi penjahat. Capoeira, yang sudah menjadi urban dan mulai dipelajari oleh orang-orang kulit putih, di kota-kota seperti Rio de Janeiro, Salvador da Bahia dan Recife, mulai dilihat oleh publik sebagai permainan para penjahat dan orang-orang jalanan, maka muncul hukum untuk melarang Capoeira. Sepertinya pada waktu itulah mereka mulai menggunakan pisau cukur dalam pertarungannya, ini merupakan pengaruh dari pemain capoeira yang berasal dari Portugal dan menyanyikan fado (musik tradisional Portugis yang mirip dengan keroncong). Pada waktu itu juga beberapa sektor yang rasis dari kaum elit Brasil berteriak melawan pengaruh Afrika dalam kebudayaan negara, dan ingin “memutihkan” negara mereka. Setelah kurang lebih setengah abad berada dalam klandestin, dan orang-orang mepelajarinya di jalan-jalan tersembunyi dan di halaman-halaman belakang rumah, Manuel dos Reis Machado, Sang Guru (Mestre) Bimba, mengadakan sebuah pertunjukan untuk Getúlio Vargas, presiden Brasil pada waktu itu, dan ini merupakan permulaan yang baru untuk capoeira. Mulai didirikan akademi-akademi, agar publik dapat mempelajari permainan capoeira. Nama-nama yang paling penting pada masa itu adalah Vicente Ferreira Pastinha (Sang Guru Pastinha), yang mengajarkan aliran “Angola”, yang sangat tradisional, dan Mestre Bimba, yang mendirikan aliran dengan beberapa inovasi yang ia namakan “Regional”.
Sejak masa itu hingga masa sekarang capoeira melewati sebuah perjalanan yang panjang. Saat ini capoeira dipelajari hampir di seluruh dunia, dari Portugal sampai ke Norwegia, dari Amerika Serikat sampai ke Australia, dari Indonesia sampai ke Jepang. Di Indonesia capoeira sudah mulai dikenal banyak orang, disamping kelompok yang ada di Yogyakarta, juga terdapat beberapa kelompok di Jakarta. Banyak pemain yang yang berminat mempelajari capoeira karena lingkungannya yang santai dan gembira, tidak sama dengan disiplin keras yang biasanya terdapat dalam sistem bela diri dari Timur. Seperti yang pernah dikatakan oleh seorang penulis besar dari Brasil Jorge Amado, ini “pertarungan yang paling indah di seluruh dunia, karena ini juga sebuah tarian”. Dalam capoeira teknik gerakan dasar dimulai dari “ginga” dan bukan dari posisi berhenti yang merupakan karateristik dari karate, taekwondo, pencak silat, wushu kung fu, dll...; ginga adalah gerakan-gerakan tubuh yang berkelanjutan dan bertujuan untuk mencari waktu yang tepat untuk menyerang atau mempertahankan diri, yang sering kali adalah menghindarkan diri dari serangan. Dalam roda para pemain capoeira mengetes diri mereka, lewat permainan pertandingan, di tengah lingkaran yang dibuat oleh para pemain musik dengan alat-alat musik Afrika dan menyanyikan bermacam-macam lagu, dan pemain lainnya bertepuk tangan dan menyanyikan bagian refrein. Lirik lagu-lagu itu tentang sejarah kesenian tersebut, guru besar pada waktu dulu dan sekarang, tentang hidup dalam masa perbudakan, dan perlawanan mencapai kemerdekaan. Gaya bermain musik mempunyai perbedaan ritme untuk bermacam-macam permainan capoeira, ada yang perlahan dan ada juga yang cepat.
Capoeira tidak saja menjadi sebuah kebudayaan, tetapi juga sebuah olahraga nasional Brasil, dan para guru dari negara tersebut membuat capoeira menjadi terus menerus lebih internasional, mengajar di kelompok-kelompok mahasiswa, bermacam-macam fitness center, organisasi-organisasi kecil, dll. Siswa-siswa mereka belajar menyanyikan lagu-lagu Capoeira dengan bahasa Portugis – “Capoeira é prá homi, / mininu e mulhé...” (Capoeira untuk laki-laki, / anak-anak dan perempuan).
Di Indonesia, sama seperti di negara-negara yang lain, kemungkinan Capoeira akan semakin berkembang.
Beberapa gerakan dalam Capoeira:
  1. Ginga
  2. Handstand
  3. Backflip
  4. Headspin
Handstand Whirling
[sunting] Ginga
GINGA merupakan suatu gerakan dasar capoeira(sebuah kuda - kuda dalam ilmu beladiri lainnya.Ginga dimulai dari posisi paralel,yaitu posisi seperti duduk tanpa kursi,kemudian tarik kaki kiri kebelakang,bersamaan dengan tangan kanan kedepan,ulangi dengan posisi paralel kemudian tarik kaki kanan kebelakang dan tangan kiri kedepan.Ulangi terus hal tersebut sampai tak canggung lagi melakukannya.Perlu diingat,bahwa tangan dan kaki yang digerkan secara bersamaan harus berbeda arah(tangan kanan maka kaki kiri,lalu tangan kiri maka kaki kanan).Ginga banyak variasinya,nantikan artikel saya selanjutnya tentang variasi gerakan ginga dan tentang filosofi Roda Capoeira."MUITO-MUITO OBRIGADO,CAMARA!!!"Contra Mestre Edinho(Santa Maria de Grupo Indonesia).
Heandspin
Handstand adalah tindakan mendukung tubuh dalam posisi yang stabil vertikal terbalik dengan menyeimbangkan di tangan. Dalam handstand dasar bodi dipegang lurus dengan lengan dan kaki sepenuhnya diperpanjang, dengan tangan berjarak sekitar selebar bahu. Ada banyak variasi handstands, tetapi dalam semua kasus pemain handstand harus memiliki keseimbangan yang memadai dan kekuatan tubuh bagian atas.

Handstands dilakukan dalam kegiatan atletik, termasuk Acro tari, akrobat, pemandu sorak, yoga, dan senam. Beberapa variasi handstand dilakukan pada setiap aparatur senam, dan keterampilan berjatuhan banyak melewati posisi handstand selama eksekusi mereka. Breakdancers menggabungkan handstands di membeku dan tendangan. Armstand penyelaman-kategori yang ditemukan di platform kompetitif menyelam-yang penyelaman yang dimulai dengan handstand. Dalam permainan atau kontes, perenang melakukan handstands bawah air dengan kaki dan kaki diperpanjang atas air.


Handstands dikenal dengan berbagai nama lain. Dalam yoga, handstand dikenal sebagai Adho Mukha Vrksasana [1] menerjemahkan ke Downward-menghadap Pohon Pose. Dalam capoeira itu bernama Bananeira.

Cadeira
Para cadeira adalah posisi di Ginga ketika kedua kakinya squared off. Hal ini membuat dasar yang sebenarnya dari Ginga. Tergantung bagaimana akademi capoeira mengajarkan, cadeira umumnya posisi rendah mirip dengan yang satu shortstop mengadopsi tepat sebelum menghentikan bola tanah. Satu tangan melindungi wajah sementara yang lain diperpanjang keluar melindungi sisi lain. Karena dasarnya adalah jongkok rendah dengan batang tubuh sedikit membungkuk di pinggang, sebagian besar otot inti terlibat untuk menjaga keseimbangan. Semua serangan, gerakan, dan kabur dapat mengalir mulus dari posisi ini termasuk balança, au, Queda de Rins, Martelo, Resistência, dan banyak lainnya. Sebuah nama alternatif untuk cadeira adalah 'parlelo'.
Au
Sebuah au adalah capoeira istilah untuk apa yang lebih umum disebut cartwheel . Ini berbeda sedikit dari cartwheel tradisional. Au, dalam bentuk dasar, dilakukan dengan sangat lambat, dengan lengan dan kaki ditekuk untuk menjaga profil target yang rendah. Juga punggung dapat melengkung untuk melakukan manuver menendang. Sejak pemain capoeira selalu risiko ditendang sementara terbalik, pemain capoeira selalu menyaksikan lawan mereka bukan dari tanah. Pemain Capoeira dapat menggabungkan serangan dari au. Ini termasuk sebuah tendangan terbalik dikenal sebagai Malandro AU atau AU Batido. Pemain kadang berhenti di tengah jalan selama au memegangnya untuk handstand posisi, dari mana mereka dapat menjalankan berbagai bergerak. Varian au adalah:
  • AU Aberto-Dari esquiva , lengan bebas mencapai di busur di atas kepala ke arah gerakan. Kaki diperpanjang terjauh dari tubuh meninggalkan tanah pertama, menendang off dan menyediakan momentum. Kemudian sisi luas ditempatkan di sisi tubuh. Menekuk lengan pada siku mendukung berat badan sebagai kedua kaki melewati tubuh sepenuhnya diperpanjang. Sementara terbalik, tubuh harus dibuka dan sepenuhnya diperpanjang. Satu kaki menyentuh tanah kemudian yang lain. Lengan harus ditinggikan untuk perlindungan segera setelah mereka tidak lagi mendukung berat badan.
  • AU Batido-The batido Au adalah sebuah variasi au mana seorang praktisi melakukan handstand, diikuti oleh twist dengan pinggul dan perpecahan, melakukan ke bawah Martelo . Selama sepakan, satu tangan melindungi wajah sedangkan yang lainnya jelas mendukung tubuh. Au batido secara harfiah berarti "cartwheel rusak". Gerakan ini adalah langkah defensif, digunakan ketika mencoba untuk melakukan cartwheel dan serangan lawan, umumnya dengan cabeçada , headbutt, para au batido terjadi, menyerang lawan terkejut sebelum serangan dijalankan. Para batido au kadang-kadang juga digunakan dalam keraguan atau hanya sebagai langkah trik. Langkah ini juga dilakukan dalam menipu, dan untuk kualitas, juga sering digunakan dalam breakdance di mana ia dikenal sebagai L-tendangan . Nama yang digunakan di sekolah yang berbeda juga dapat mencakup Beija Flor (Humming Bird, Kiss harfiah Bunga (er)), Leque (Fan), Au Québrado (juga "cartwheel rusak"), Au Malandro (cerdik cartwheel), Au Amazonas (Amazon cartwheel) atau Amazonica.
    • AU Batendo-Teknik yang sama, kecuali bahwa tangan umumnya tinggal di tanah dan cartwheel tidak dihentikan selama tendangan, melainkan terus berakhir.
  • AU Fechado-Dari esquiva atau negativa , lengan bebas mencapai di busur di atas kepala ke arah gerakan. Kaki diperpanjang terjauh dari tubuh meninggalkan tanah pertama, menendang off dan menyediakan momentum. Kemudian sisi luas ditempatkan di sisi tubuh. Menekuk lengan pada siku mendukung berat badan sebagai kedua kaki melewati membungkuk di depan dan sedikit di atas tubuh. Sementara terbalik, tubuh harus ditutup dan maksimal dilindungi. Satu kaki menyentuh tanah dan kemudian yang lain. Langkah terakhir adalah kembali ke esquiva.
  • Au sem Mao-An au dilakukan tanpa tangan dengan cara yang sama sebagai cartwheel udara . Dapat digunakan untuk gaya menghindari menyapu seperti rasteira atau banda.
Balança
Serangkaian sisi ke sisi feints dilakukan dengan batang tubuh untuk menipu lawan, membuang waktu mereka, dan membuat lebih sulit bagi mereka untuk melacak tengah . Dengan cara yang sama sebagai sebuah speedskater, berat badan yang dialihkan dari satu kaki ke yang lain dalam sedikit lateralis gerakan melompat / geser sedangkan lengan bergerak dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan selama Ginga. Balança ini biasanya dilakukan dari depan Ginga dan juga dikenal sebagai Cavalo. Seperti gerakan lain di capoeira, semua jenis tendangan, handstrikes, atau headbutts dapat dijalankan secara tak terduga dari gerakan.
Bananeira
Para bananeira adalah handstand di capoeira yang namanya berasal dari pisang pohon dari Brasil . Tangan tersebar setidaknya selebar bahu dan kaki biasanya bersama-sama di atas kepala capoerista itu. Variasi lainnya termasuk setelah kaki terbelah ke samping atau depan. Satu perbedaan yang terpencil bananeira telah di capoeira adalah bahwa wajah dan mata capoeirista adalah terhadap pemain lain, bukan tanah. Sementara di Bananeira, kaki dapat digunakan untuk membela serta serangan. Kegunaan lain yang bisa menjadi bananeira untuk mengambil istirahat sebentar dan mengamati pemain lain, menarik lawan ke perangkap, atau dalam hal sekolah daerah kontemporer, memamerkan keseimbangan dan kekuatan sebagai floreio a. Para bananeira diduga berasal dari penggunaan handstand dengan sebuah Nganga (Bantu penyembuh dan pemimpin spiritual) dengan menunjukkan hubungan spiritual mereka kepada leluhur yang berjalan di atas tangan mereka di dunia roh.
Macaco
Para macaco mirip dengan gerakan jumpalitan kembali dengan pengecualian dimulai dengan satu tangan ditanam di belakang capoeirista dan gerakan awal dimulai dari berjongkok rendah. Para macaco dimulai dengan menurunkan tubuh ke dalam sebuah berjongkok rendah dan menempatkan satu tangan di lantai tepat di belakang kontak kembali membuat dengan tanah. Sisi lain dilemparkan atas tubuh sambil melompat dengan kedua kaki untuk meluncurkan pinggul lurus kepala. Gerakan kembali menyapu mencerminkan gerakan yang mengadopsi perenang saat melakukan gaya punggung . Sebagai capoeirista melewati ke posisi handstand, tangan kedua ditempatkan ke tanah sebelum membawa kaki pertama membuat kontak dengan tanah. Para macaco berbagi kesamaan visual dengan Valdez . Variasi dapat mencakup awal dan finishing dengan kelompok pertama dan / atau mendarat dengan kedua kaki secara bersamaan. Langkah ini umumnya dikenal sebagai lompatan monyet sebagai kata Macaco harfiah diterjemahkan menjadi monyet.
  • Macaquinho
Gerakan ini sangat mirip dengan macaco dengan pengecualian adalah bahwa itu lebih rendah dan kurang eksplosif. Lutut berada dalam posisi membungkuk lebih maju sementara satu tangan diletakkan tepat di belakang bola kaki. Daripada melompat seperti dengan macaco, para capoeirista menurunkan / nya miring nya eksternal ke sikunya dan membawa lengan lainnya dan kakinya lebih. Para macaquinho, yang berarti monyet kecil, adalah kombinasi dari macaco dan Queda de Rins.
  • Macaco em Pe
Ini adalah macaco yang dilakukan tanpa hop atau berjongkok. Para macaco em pe menyerupai gerakan gabungan dari kemenangan yg mudah kembali dan cartwheel . Daripada berjongkok dan melompat, capoeirista jatuh ke belakang ke salah satu lengan sambil membungkukkan punggung dan pinggul memungkinkan untuk pergi di atas kepalanya sambil bergerak ke gerakan macaco standar.
  • Lateral Macaco
Ini juga dikenal sebagai sebuah Xango. Ini adalah standar kembali gerakan jumpalitan . Alih-alih menempatkan satu tangan di tanah dan membalik, sebuah lompatan abrubt dibuat mundur dalam lengkungan sementara memperpanjang tangan di atas kepala.
Negativa
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/thumb/4/4a/Commons-logo.svg/30px-Commons-logo.svg.png
Wikimedia Commons memiliki galeri mengenai: Negativa
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/78/Negativa.jpg/180px-Negativa.jpg
Negativa
Yang berarti "negatif," negativa yang digunakan untuk meniadakan serangan dengan pergi rendah ke tanah di sisi seseorang, dengan kaki yang paling dekat ke tanah menempel di dada, tubuh berat diperpanjang lainnya, satu mendukung dengan tangan, dengan atas lengan di lokasi untuk melindungi wajah. Negativa juga dapat dilakukan dalam posisi lebih rendah dengan perut paralel ke tanah. Negativa ini juga digunakan sebagai menyapu sebuah. Jika capoeirista lainnya adalah memberikan tendangan yang membuat mereka berdiri dengan hanya satu kaki mendukung, kaki yang panjang dapat digunakan untuk menghubungkan belakang bahwa kaki mendukung dan menyapu itu. Takedown ini dikenal sebagai derrubando negativa.
Rabo-de-Arraia
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/thumb/1/1a/Rabo_de_arraia_%28Cuba%29.jpg/220px-Rabo_de_arraia_%28Cuba%29.jpg
Siswa dari kelompok havana dari capoeira Angola melakukan Rabo de Arraia.
Secara harfiah diterjemahkan menjadi "ekor ikan pari." Ini adalah nama populer yang diberikan kepada gerakan capoeira yang berbeda pada waktu yang berbeda dan sekolah capoeira. Ada lebih dari 7 teknik yang berada di beberapa titik waktu yang disebut "Rabo de Arraia". Hari ini, sebagian besar mengacu pada Meia Lua de Compasso di sekolah Capoeira Regional.



Peran
Peran: Ini 'bergulir' gerakan adalah - bersama-sama dengan Ginga dan Au - metode dasar bergerak di Roda tersebut. Langkah ini dapat dilakukan dari Ginga atau dari sebagian besar esquivas. Ini pada dasarnya adalah berputar ke satu sisi oleh capoeirista namun tetap rendah ke tanah dan selalu menonton pemain lain. Salah satu keunggulan dari langkah itu adalah bahwa selama bagian di mana kembali menghadap lawan, kontak mata tetap terjaga melalui melihat antara kaki untuk menonton untuk serangan. Peran dapat berakhir dengan mudah di Ginga, Negativa, atau esquivas berbagai. Peran de Cabeça variasi dilakukan dengan menempatkan kepala di tanah di tengah peran sehingga dapat transisi ke dalam teknik headstand berbagai.
Troca De Pe
Secara harfiah Perubahan Kaki, Dari posisi Negativa dengan kaki diperpanjang, hop sedikit selama kaki diperpanjang menjadi kaki dukungan dan lengan penjaga menjadi lengan dukungan dan sebaliknya.
Ponte
Ponte adalah jembatan dengan perut menghadap ke atas dan tangan dan kaki mendorong untuk menjaga punggung melengkung dan dari lantai. Sebagian besar belajar untuk menggulung menjadi ponte dengan memutar kaki dan pinggul sekitar pertama dan kemudian membalik ke jembatan. Para capoeirista kemudian dapat menggelar menjadi cocorinha, Queda de Rins, atau resistincia untuk masuk ke dalam gaya sebuah roda. Ponte ini juga berfungsi sebagai esquiva pilihan terakhir meskipun itu tergantung pada tingkat keahlian pemain, gaya, dan kecepatan permainan. Fakta lain yang menarik adalah bahwa Mestre Bimba akan memberikan mahasiswa potensial (aluno) serangkaian tes sebelum benar-benar mengajar mereka di akademi itu. Salah satu tes adalah ukuran dari kemampuan alami pemohon untuk mengadakan jembatan
Queda de Rins
Para Queda de Rins (jatuh pada ginjal) dapat digunakan sebagai esquiva atau titik untuk meluncurkan sebuah teknik. Ini melibatkan pendukung batang tubuh dengan siku dalam dan kepala, seringkali dengan lutut bertumpu pada siku pendukung. Kepala adalah biasanya paling rendah dengan kaki dan pada yang tertinggi di sudut 45 ° kasar. Kaki sendiri mungkin bersama, tuck, split tergantung posisi.
gerakan Defensive
Cocorinha
Salah satu gerakan pertahanan yang paling sederhana. Dengan kaki rata dengan tanah pemain berjongkok dengan lutut ke dada sehingga untuk menutup tubuh dan meliputi sisi batang tubuh dan kepala dengan satu tangan sementara yang lain adalah datar dan ke sisi untuk dukungan.
Variasi lain dari ini melibatkan berjongkok dengan bola kaki di tanah dan lengan disilangkan di depan dan di atas wajah.
Esquiva
Secara harfiah melarikan diri atau menghindar. Banyak bentuk ada tetapi semua melibatkan memindahkan kepala dan batang tubuh dari jalan serangan. Esquivas membedakan capoeira dari banyak seni bela diri lain untuk fakta sederhana akan bersama dengan aliran serangan itu dan melepaskan serangan yang sama atau lebih menghancurkan. Banyak serangan di capoeira berkomitmen penuh tendangan yang akan menyebabkan cedera lebih menghalangi mereka bukan menghindari mereka. Memblokir serangan marah dan ketidakseimbangan aliran permainan membuat esquivas lebih sering terjadi pada Rodas. Blok kadang-kadang terjadi ketika seorang pemain begitu tertangkap basah bahwa mereka digunakan secara naluriah. Situasi yang paling umum adalah pertahanan terhadap serangan tangan.
  • Esquiva de Baixa
Juga dikenal sebagai Esquiva Frente de. "Menghindar Rendah", hal ini terlihat dari Ginga sangat rendah. Kaki belakang dan kaki yang berlebihan dan ditempatkan lebih jauh kembali untuk membawa pinggul lebih rendah ke tanah. Batang tubuh yang membungkuk ke depan membawa kepala bahkan lebih rendah. Jika kaki kiri kembali maka tangan kanan diletakkan di lantai, di sisi kiri yang digunakan untuk menjaga wajah dan kepala.
  • Lateral Esquiva
"Side melarikan diri" atau samping mengelak. Hal ini dieksekusi ketika kaki berada dalam posisi paralel. Pelarian ini hanya membawa batang tubuh ke bawah dan ke kiri atau kanan (tergantung pada arah tendangan pemain lain) dan mencapai tangan di kepala tangan ini juga dapat ditempatkan di depan wajah untuk perlindungan. Beberapa akademi akan menempatkan pihak yang tidak menjaga ke lantai untuk mendapatkan bahkan lebih rendah.
  • Diagonal Esquiva
Ini adalah menghindari yang secara bersamaan dodges dan kemajuan ke depan. Alih-alih langsung di bawah serangan atau ke samping seperti di esquiva lateral atau esquiva de frente, para capoeirista langkah diagonal dari ke kiri atau kanan serangan. Dia / dia menempatkan kaki depan di sebuah tegak lurus posisi untuk kaki punggung dan crouches bawah pada lutut dalam rendah terjang . Lengan kiri atau kanan muncul untuk melindungi wajah tergantung pada arah serangan sementara kelompok lain menjaga keseimbangan tubuh. Ini adalah esquiva cukup berguna karena serangan balik banyak tersedia untuk pemain dari posisi yang dapat mencakup martelos, ganchos, atau vingativas menghemat waktu berharga.
Queda de Quatro
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/6/68/CapoeiraMeialuaDeCompasso%26QuedaDeQuatro_ST_05.jpg/130px-CapoeiraMeialuaDeCompasso%26QuedaDeQuatro_ST_05.jpg
Satu capoeirista menggunakan Queda de Quatro untuk menghindari sebuah Rabo de Arraia
Secara harfiah jatuh empat. Cukup jatuh ke belakang ke posisi kepiting berjalan, sering diikuti dengan bergegas ke belakang dan jauh dari lawan.
Queda de Tres
Jatuh kembali ke pergelangan tangan dan satu kaki. Kaki yang lain terserah karena posisi ini sering "dipaksa" ketika pemain diturunkan dari yang didukung pada kaki tunggal. Misalnya: menyapu kaki basis armada memimpin pemain jatuh ke, mudah-mudahan, akhir dalam posisi ini.



Resistência
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/a5/CapoeiraNegativa_ST_05.jpg/130px-CapoeiraNegativa_ST_05.jpg
Sebuah Resistência ke dalam peran
Ini sangat mirip dengan sister, negativa itu. Namun, daripada beristirahat di telapak seluruh kaki, bola kaki mendukung mayoritas dari berat dengan lengan pada sisi yang berlawanan membantu. Jari-jari di sisi pendukung tersebar datar untuk melindungi pergelangan tangan. Lengan lainnya dinaikkan sedikit untuk melindungi wajah sambil kaki lainnya diperpanjang keluar dengan sedikit membungkuk untuk itu. Ini sedikit tikungan sangat penting karena melindungi kaki dari setiap trauma yang kaki lurus akan patah di bawah. Karena lutut diperpanjang lebih jauh masa lalu kaki pendukung, peregangan paha depan dan gastrosoleus otot adalah kebutuhan untuk posisi ini karena stres tambah ia menempatkan pada lutut setelah penggunaan jangka panjang. Kebanyakan pemula cenderung untuk melihat ke bawah ke lantai sementara di Resistencia, sangat disarankan untuk selalu melihat ke atas dan menjaga mata pemain lain. Seperti beberapa kelompok capoeira masing-masing memiliki nama yang berbeda untuk gerakan, Resistência ini kadang-kadang dikenal sebagai negativa itu.
Kicks
Armada
Sebuah armada dapat berupa Rabo-de-Arraia tanpa tangan pendukung di lantai (kepala turun di bawah pinggang dan tendangan yang dieksekusi dengan tumit), atau Meia Lua de Costas (halfmoon dari belakang), yang berputar menendang dengan tubuh tegak. Namun makna umum dari teknik ini adalah dalam berputar untuk tendangan sabit luar.
Permukaan mencolok biasanya pisau luar kaki menendang. Sebuah queixada dan armada dijalankan dengan cara yang persis sama dengan pengecualian awal armada dengan langkah ke kanan atau kiri sebelum melepaskan tendangan. Kekuatan armada sebenarnya berasal dari torsi ditempatkan pada pinggul dari spin.
Setelah melangkah di seluruh tubuh (ke kanan atau kiri) sekitar 45 derajat, pinggul yang berputar sedangkan lengan adalah untuk melindungi dari pukulan atau tendangan lainnya. Begitu ada cukup torsi, kaki menendang adalah "dirilis" daripada ditendang. Kaki ini berjalan di dalam gerakan yang sama sebagai queixada sampai kaki menendang selesai busur sepanjang jalan kembali atau sejajar dengan kaki yang lain.
  • Armada Pulada
Sebuah Armada yang dilepaskan setelah melompat. Para pulada armada dimulai dengan cara yang sama sebagai armada rutin dengan turing capoeirista ke kiri atau kanan. Setelah kepala, leher dan bahu memutar ke arah depan, dia / ia melompat selama pelepasan armada sehingga tendangan udara berputar.

  • Armada Dupla
Juga dikenal sebagai sebuah Envergado. Sebuah Grupo Capoeira Brasil pemain kebetulan dikenal sebagai Envergado dikatakan telah diciptakan ini langkah yang sangat. Fitur yang membedakan gerakan ini adalah kenyataan bahwa kedua kaki tetap bersama selama pelaksanaan lepas landas, dan mendarat. Namanya, Armada dupla, berasal dari fitur ini dan juga secara harfiah berarti "armada ganda". Setelah lepas landas, batang tubuh tetap tegak dan vertikal, tetapi akan mulai cepat torsi untuk mengayunkan kaki sekitar dan ke atas. Pada puncak gerakan ini, tubuh adalah dalam bentuk "V". Kaki terus mengayunkan alih tubuh untuk membuka jalur pendaratan. Dalam menipu, langkah ini disebut Leg ganda . Seiring dengan Meia Lua Compasso dan Au Malandro / Batida, yang dupla armada salah satu merek dagang tendangan unik untuk capoeira seni.
  • Armada com Martelo
Armada com Martelo adalah awal tendangan berputar ganda dengan pulada armada dan finishing dengan sebuah Martelo. Para capoeirista dimulai dengan gerakan yang sama dari Armada. Sementara leg pertama dinaikkan, dia / dia melompat dari kaki belakang mereka. Setelah leg pertama selesai busur, kaki yang melompat dari datang sekitar dalam bentuk melompat Martelo rotado.
Bencao
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/43/CapoeiraBencao_ST_05.jpg/130px-CapoeiraBencao_ST_05.jpg
Sebuah esquiva bawah Bencao
Sebuah "berkah" yang menyamar. Ini adalah dorongan tendangan lurus ke depan frontal. Hal ini umumnya ditujukan pada daerah perut atau dada, dan capoeirista memukul dengan baik tunggal seluruh kaki atau dengan tumit. Tingkat dampak bervariasi dengan jangkauan dan maksud dari keran lembut ke melompat ke dalam menginjak ke kepala, atau dada .
Chapa
Chapa, telapak kaki, adalah istilah generik untuk tendangan lurus berbagai dengan telapak atau tumit kaki. Tendangan ini dapat digunakan dalam roda untuk mendorong diri pemain lain untuk jarak. Ini termasuk:
  • Chapa-de-Costas
Ia menyerupai sebuah tendangan dari kuda atau keledai di mana kedua tangan biasanya di tanah sementara salah satu kaki didorong ke luar terhadap pemain lain. Ini adalah serangan pintar yang dapat disampaikan dari peran ke arah pangkal paha atau lutut dari pemain lain.


  • Chapa-de-Frente
Sebuah tendangan lurus menghadap lawan kadang-kadang dilakukan dari Queda de Quatro, mendorong dengan pinggul untuk mendapatkan ekstensi yang lebih besar. Memiliki tampilan yang Bencao diberikan dari Queda de Quatro.
  • Pisào
Variasi lain yang tendangan samping. Pertama pemain mulai dengan mengangkat lutut kaki yang menendang dan setinggi pinggul kaki dukungan. Para capoeirista ternyata mendukung kakinya 180 derajat ke belakang sambil menyodorkan kaki menendang ke arah tubuh pemain lain.
  • Chapa Baixa
Ini adalah tendangan sisi ke daerah yang lebih rendah termasuk paha, lutut, atau punggung kaki . Dampak biasanya dibuat dengan tumit atau telapak kaki. Seperti dengan pisào, Baixa Chapa dimulai dengan kenaikan gaji lutut ke depan. Namun, daripada naik ke atas menuju capoeira target biasa menendang (kepala, dada, perut), tendangan didorong ke bawah menuju kaki pemain lain yang lebih rendah. Ini menggabungkan malacia di capoeira tampil sebagai tendangan tinggi tetapi berakhir dengan tendangan yang menyakitkan terduga ke lutut atau paha. Dalam Rodas paling ini ditampilkan bukan diselesaikan untuk ekstensi penuh. Selama putaran kemudian pertahanan gelarnya di UFC 97 dengan Thales Leites, Anderson Silva membuat ekstensif menggunakan teknik ini.
  • Chapa Giratoria
Capoeira itu jawaban untuk tendangan sisi sebaliknya. Hal ini dilakukan adalah cara yang sama seperti larangan dae Yeop chagi di Taekwondo dengan capoeirista melangkah maju atau diagonal sementara memutar tubuhnya. Pada saat yang sama dia mengangkat kaki belakang ke atas, melepaskan itu di puncak pergantian di jalan yang lurus.
Chapéu-de-Couro
"Topi Kulit" adalah tendangan bangsal lokomotif jongkok ditanam. Lengkung kaki menyentuh kepala pasangan terpapar dalam semangat "tag, Anda" atau "menonton kepala Anda" bergerak.
Escorpião
Sebuah tendangan jauh lebih sedikit digunakan adalah escorpião tersebut. Escorpião adalah seperti tendangan kalajengking seni bela diri lainnya. Hal ini ditandai dengan menendang ke belakang, di atas kepala, di target di depan nggak. Telapak atau tumit kaki menyerang target. Tendangan kadang-kadang menggunakan salah satu atau kedua tangan di tanah saat mengeksekusi. Tendangan ini membutuhkan fleksibilitas yang lebih besar dan pelatihan lebih dari tendangan paling, maka jarang penggunaannya.
Gancho
Para gancho menyala. hook, adalah tendangan kait . Ini adalah serangan menipu yang dimulai dengan cara yang sama sebagai Martelo atau tendangan bangsal lokomotif . Lutut dan paha dari kaki menendang dibesarkan dan di seluruh tubuh dalam arah diagonal. Alih-alih menyodorkan masuk dan keluar seperti Chapa, kaki ini diperpanjang ke arah tubuh dan diusir dalam gerakan hooking mencolok dengan tumit atau tunggal. Jalur tumit berakhir di dekat pantat dan hamstring seperti yang dibawa turun. Ada cara lain untuk menggunakannya seperti martelos palsu ke dalam atau dari chapas palsu. Karena deceptiveness nya, nama gancho sangat cocok untuk itu karena kadang-kadang dapat bertindak sebagai kait untuk serangan umpan yang terlihat jauh terlambat.
  • Gancho Giratoria
Sebuah versi berputar dari gancho. Dimulai keluar seperti Chapa berputar-putar tapi menipu bulu mata keluar dan kait sekitar dengan cara yang sama sebagai gancho.
Martelo
Martelo adalah jenis tendangan seperti yang dipraktekkan di Capoeira . Para Martelo, yang secara harfiah berarti "palu" dapat digambarkan sebagai sebuah tendangan bangsal lokomotif . Secara generik, itu adalah mogok dengan punggung kaki , bagian bawah dari tulang kering, atau tulang kering itu sendiri, terhadap tubuh lawan, yang paling umum adalah kuil kepala. Bentuk yang paling umum dari Martelo meliputi:
  • Martelo-em-Pe
Ini adalah Martelo paling umum terlihat pada Daerah / Contemporânea Rodas. Ada banyak cara untuk memulai tendangan. Capoeira penekanan pada memanfaatkan tendangan dari mana saja kapan saja dapat memiliki Martelo mulai dengan kaki belakang naik sebagai lutut digerakkan ke atas dan ke depan. Cara lain dapat dari Ginga atau melompat dari kaki belakang dan memutar kaki depan ke dalam satu menendang. Para Martelo em pe memiliki kaki menendang meningkat dengan lutut dan mengubahnya ke dalam menuju permukaan menendang. Kaki yang ini bentak ke arah kepala dan kembali kembali ke lutut kembali ke tanah. Penekanan ditempatkan pada kecepatan dan penipuan, bukan sistem gugur. Bahkan dengan KO tindakan pencegahan dapat dan akan terjadi karena berat dan kekuatan semata kaki.
  • Martelo-do-chao
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/f0/CapoeiraMarteloDoChao_ST_05.jpg/130px-CapoeiraMarteloDoChao_ST_05.jpg
sebuah Martelo-do-chao
Martelo dari Lantai. Dapat dikirim ke atas dari posisi yang lebih rendah biasanya benar sebelum sementara peran dalam esquiva Baixa atau ke bawah akan menjadi Queda de Rins. Dengan satu tangan di tanah para capoeirista mengangkat kakinya menendang berputar ke arah pemain lain. Memiliki tampilan yang Meia Lua de Compasso secara terbalik.
  • Martelo Rotado
Sebuah Martelo berputar. Ini mirip dengan Teh Tud dari Muay Thai lebih karena biasanya dikirim dari kaki belakang dengan paha dan kaki menghadap ke dalam sebelum mereka sepenuhnya diperpanjang. Pengendalian juga dikorbankan untuk kekuatan dan kecepatan sebagai kaki tidak berhenti, tapi berikut melalui dalam rotasi penuh dari pinggul.
Meia Lua de Compasso
Sebuah Meia Lua de-Compasso (lit: setengah bulan kompas) adalah sebuah serangan yang mencakup unsur sebenarnya dari Capoeira karena menggabungkan manuver mengelak dengan tendangan berputar. Pemain sementara dalam posisi semi-berjongkok, mengayunkan lengan ke depan dalam gerakan miring ke bawah menuju tanah. Sementara melangkah sekitar, ia juga tikungan kakinya tidak menendang sambil menjaga satu menendang lurus. Setelah mengumpulkan cukup torsi dari poros mendadak dalam inti, ia melepaskan tendangan sepanjang jalan sekitar sampai kakinya menendang adalah belakangnya dalam gerakan Ginga.
Kekuatan tendangannya mendapatkan energi dari gerakan yang sama dengan ayunan tongkat golf atau pemukul base ball. Pemindahan kekuasaan dimulai dengan spin tangan terempas ke tanah dan berakhir dengan spin dari tumit menendang. Ini telah menerima tempat dalam capoeira sebagai yang disebut "raja tendangan". Bahkan ada yang mengatakan antara Mestres dan guru lain tentang bagaimana keterampilan capoeirista dapat ditentukan pada seberapa baik dan cepat ia memberikan Meia Lua de Compasso. Hal ini masih disebut Rabo melakukan arria oleh beberapa kelompok hari ini.
Bahkan ada cerita rakyat dari seluruh 1910-an dari capoeirista bernama Ciriaco, mengalahkan jiu-jitsu juara bernama Sada Mako dengan tendangan ini. Meskipun hal ini telah diperdebatkan, ada satu kisah yang benar dari kejadian tersebut. Kemenangan itu diberikan kepada Valdemar Santana setelah kekalahannya dari Helio Gracie . Kebanyakan atribut kemenangan ini dengan fakta bahwa Santana juga mahasiswa Helio selama lebih dari dua belas tahun.
  • Meia Lua Pulada
Ini adalah tendangan berputar dilakukan tanpa kedua kaki dalam kontak dengan tanah. Tendangannya bisa dilakukan di sekitar sudut 45 derajat dengan kedua kaki bersama-sama atau masing lurus sementara yang lain adalah membungkuk. Satu atau dua lengan yang satunya hal menjaga kicker "berakar" ke tanah. Dengan setidaknya satu tangan di tanah, capoeirista hop off dengan kedua kaki dan memberikan tendangan berputar dengan kedua kaki di udara dan akhirnya mendarat di satu atau dua kaki mereka. Hal ini jarang terlihat karena otot inti yang terlibat membutuhkan tingkat tinggi keseimbangan dan kekuatan. Para Meia Lua pulada memiliki gerakan yang sama sebagai diagonal depan gerakan jumpalitan dan Meia Lua Compasso hanya dengan menggunakan tangan (s) untuk menyelesaikan spin.
  • Meia Lua Solta
Sebuah Meia Lua Solta adalah persis kebalikan dari Meia Lua pulada. Sedangkan di pulada lengan ini hanya digunakan dalam Solta kaki berputar dan kaki yang digunakan. Hal ini dikatakan jauh lebih cepat dari Meia Lua de Compasso tetapi juga rumit. Mengambil menyapu kaki saat melakukan ini bisa berbahaya karena kurangnya lengan yang mendukung untuk tempat tendangan. Beberapa kelompok lihat ini sebagai sebuah chibata.
  • Meia Lua Reversao
Sebuah tendangan yang diawali sebagai Meia Lua de Compasso tapi berakhir seperti kemenangan yg mudah depan . Para capoeirista melepaskan tendangan tapi bukannya membawa kaki menendang sekitar menyelesaikan gerak, ia mengikuti tendangan dengan seluruh tubuhnya. Dia biasanya akan mendarat di kaki menendang dan berputar 180 derajat untuk menghadapi pemain lain lagi. Seperti dengan pulada, ini dapat dilakukan dengan satu atau kedua tangan di tanah.
  • Meia Lua de Rins Queda
Queda de Rins berarti jatuh pada ginjal. Langkah ini merupakan kombinasi dari Meia Lua de Compasso dan QDR itu. Seraya berpaling untuk melepaskan tendangan, para capoeirista menurunkan diri-Nya kepada sikunya pendukung. Dia / ia dapat menyelesaikan gerakan dalam beberapa cara dengan yang paling umum adalah transisi ke Resistencia tersebut.

Meia Lua de Frente-
Meia Lua de Frente (Depan Half Moon) adalah luar-dalam tendangan sabit terlihat di lain seni bela diri . Tendangan ini melibatkan menggunakan pinggul untuk menghasilkan kekuatan yang cukup untuk membawa kaki kaki menendang di seluruh muka pemain. Meskipun dapat digunakan sebagai serangan itu sendiri, terutama digunakan sebagai sodokan atau perangkap untuk serangan lain. Kegunaan lain untuk itu bisa sebagai kombinasi dengan jungkir balik dan gerakan akrobatik lainnya karena itu bekerja sebagai pelarian.
Ponteira
Ponteira adalah front sederhana snap-tendangan dengan bola kaki. Hal ini dilakukan dengan mengangkat lutut dan cepat memperluas kaki dengan jari-jari kaki ditarik ke belakang sambil memiringkan badan sedikit ke belakang untuk menyerang lawan di bagian dada, perut atau wajah. Berlawanan dengan Bencao ini dimaksudkan sebagai mencolok tendangan keras dan cepat.
Queixada
Diucapkan "kay-Syah-dah", langkah ini adalah salah satu yang paling umum digunakan dari tendangan dasar di daerah kontemporer. Untuk menjalankan dengan kaki kanan, satu dimulai pada pertengahan Ginga sikap, dengan punggung kaki kiri dan kanan ke depan. Dari posisi ini, langkah sedikit ke kiri dengan kaki kanan, menggeser berat badan ke kaki (kanan) maju sementara tubuh menghadapi tersisa. Segera membawa kaki kiri ke depan, melintasi belakang kanan sambil mulai membuang berat badan ke depan untuk mendapatkan momentum. Ketika berat badan sepenuhnya bertumpu pada kaki kiri, lepaskan kaki kanan, menendang di busur, besar menyapu ke kanan, menjaga kaki lurus di seluruh. Ketika tendangan telah selesai, capoeirista sekarang pada pertengahan Ginga sikap, kecuali sekarang dengan punggung kaki kanan dan kiri ke depan.
Sepanjang langkah ini salah satu harus selalu ingat untuk menjaga wajah nya menggunakan bagian tebal dari lengan (seperti yang dilakukan di semua bergerak capoeira). Membalikkan segala arah (kiri-kanan dan sebaliknya) untuk mengeksekusi queixada dengan kaki kiri.
Raiz
Raiz adalah jenis tendangan yang digunakan dalam daerah kontemporer. Ini bisa digambarkan sebagai melanggar samping dengan rotasi kurang, sehingga tanah praktisi di kaki belakang dari take off bukan kaki menendang. Namun, dalam hal menipu, yang raiz bukan menendang, melainkan bergerak mengelak bertujuan untuk menghindari serangan ke arah kaki. Set-up untuk raiz adalah persis seperti tendangan 540, tetapi teknik yang diperluk